cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
ISSN : 25027638     EISSN : 25028391     DOI : -
Core Subject : Education,
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is registered with p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391 is a scientific journal of Mathematics Education Department Universitas PGRI Semarang which focuses on the delivery of information on mathematics education from elementary school to university high. JIPMat is published 2 times a year in April and October.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2022)" : 10 Documents clear
EFEKTIFITAS PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA APPLICATION ETHNO-TRIGONO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA 2 BAE KUDUS Muhammad Ali Ridho; Jayanti Putri Purwaningrum; Sumaji Sumaji
JIPMat Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v7i2.12438

Abstract

Penellitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan saintifik berbantuan media Aplication Ethno-Trigono terhadap kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini merupakan quasy eksperimental disekolah SMA 2 Bae Kudus. Rancangan eksperimen yang digunakan untuk penelitian ini adalah pretest-posttes control grup design. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara angket, wawancara, dan pemberian test kepada siswa. analisis data awal yang digunakan pada penelitian ini adalah uji noemalitas, uji homogentitas, serta uji kesamaan rata-rata. sedangkan analisis data akhir dari penelitian ini adalah uji paired sample t test, independent sample t test, dan n-gain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran di kelas eksperimen dengan menggunakan pendekatan saintifik berbantuan media Aplication Ethno-Trigono lebih efektif daripada kelas kontrol dengan pembelajaran langsung. Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis sebelum dan sesudah di terapkannya pendekatan saintifik berbantuan media Application Ethno-Trigono. Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis di kelas eksperimen.
Pengaruh Pendekatan RME dengan Model Pembelajaran Hybrid Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Devita Permata Putri; Iis Holisin; Junaidi Fery Efendi
JIPMat Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v7i2.12914

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dengan Model Pembelajaran Hybrid Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan Quasy Eksperiment Design yang dilakukan di SMP Negeri 53 Surabaya. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh kelas VII dengan jumlah sampel yang digunakan masing-masing pada kelas eksperimen dan kelas kontrol 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan soal pre-test/post-test kemampuan berpikir kritis matematis siswa serta angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol  sebesar 72,61 dengan standar deviasi 4,309 dan peningkatannya  termasuk kategori sedang yaitu 0,53; (2)  Rata-rata kemampuan  kemampuan berpikir kritis  siswa kelas eksperimen  sebesar 84,74 dengan standar deviasi 0,596 dan peningkatannya  termasuk kategori tinggi yaitu 0,73; (3)  Hasil uji t terhadap post-test kemampuan berpikir kritis  matematis siswa diperoleh t hitung > t tabel yaitu 4.264>2.000298 sehingga terdapat pengaruh pendekatan RME terhadap kemampuan berpikir kritis matematis; (4) Hasil angket respon siswa sebesar  85,78% siswa menyatakan respon poitif terhadap pemeblejaran matematika dengan pendekatan RME.
PENGARUH PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTU APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP Miftakhul Mubarokah; Noviana Dini Rahmawati; Dewi Wulandari
JIPMat Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v7i2.12625

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Flipped Classroom berbantu aplikasi Google Classroom mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan siswa SMP dalam pemahaman konsep matematika.  Jenis penelitiannya adalah quasi eksperimental dengan menggunakan desain post-test only control group. Populasi dalam penelitian adalah siswa SMP N 3 Cepiring tepatnya siswa kelas VII tahun ajaran 2021/2022 di semester genap. Sampel diambil dengan teknik probability sampling dan jenis yang dipakai teknik sample random sampling untuk menentukan dua kelas yang akan dijadikan sampel penelitian dengan kelas VII B terpilih sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran Flipped Classrrom dan kelas VII A sebagai kelas kontrol  menerapkan pembelajaran konvensional. Pemerolehan data didapat  melalui tes pemahaman konsep matematika berbentuk tes uraian yang dilakukan diakhir penelitian.  Uji hipotesis untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom menggunakan uji t dan dilajutkan uji effect size untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa lebih baik menerapkan pembelajaran Flipped Classroom berbantu aplikasi Google Classroom daripada pembelajaran konvensional. Dengan kata lain pembelajaran Flipped Classroom berbantu aplikasi Google Classroom mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan siswa SMP dalam pemahaman konsep matematika.
PERUBAHAN PEDAGOGIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA: MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOMETRI BERBASIS MOBILE LEARNING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA Muhammad Ahyar Rasyidi; Sri Supiyati; Lalu Muhammad Fauzi
JIPMat Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v7i2.12402

Abstract

Proses pembelajaran melibatkan instruksi baik secara langsung maupun tidak langsung oleh guru, hal ini memberikan dampak secara psikologis kepada siswa. Psikologis siswa memberikan gambaran tingkat kelelahan yang berakibat pada motivasi belajar yang diakibatkan oleh metode pembelajaran yang diberikan secara terus menerus tanpa variasi. Berdasarkan hal tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemanfaakan media pembelajaran geometri berbasis mobile learning dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa MTs Darul Hijrah NW Wanasaba. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IX MTs Darul Hijrah NW Wanasaba yang berjumlah 18 orang. Instrumen yang digunakan dalam mengambil data  berupa tes dan angket motivasi belajar siswa. Data dianalisis secara deskriptif dengan melihat skor rata-rata angket dan hasil ketuntasan belajar siswa secara klasikal yang selanjutnya dikategorikan berdasarkan skor tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata skor angket motivasi belajar siswa sebesar 32,9 dengan kategori rendah sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 50% dan skor rata-rata pada siklus II 80,35 dengan kategori tinggi dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 77,8%
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E- LEARNING BERBASIS MS. EXCEL +STATPLUS PADA MATA KULIAH STATISTIKA DAN PROBABILITASUNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA Alvi Sahrin Nasution; Afniria Pakpahan; Erwina Azizah Hasibuan
JIPMat Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v7i2.13099

Abstract

Pada era New Normal Dosen harus bias menggunakan metode blanded learning. Karena jam tatap muka tidak full sehingga mahasiswa tidak optimal dalam belajar, maka Dosen harus kreatif dan inovatif untuk memanfaatkan waktu tatap muka yang pendek agar lebih efektif dan mampu memilih bahan ajar yang digunakan Mahasiswa selama pembelajaran virtual. Untuk itu perlu dikembangkan  bahan ajar E-learning berbasis Ms. Excel +Statplus. Secara umum tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar E-Learning dengan memanfaatkan aplikasi Ms. Excel +StatPlus pada mata kuliah Statistika dan Probabilitas diFakultas Teknik UGN. Sedangkan tujuan yang lebih khusus, yaitu Untuk meningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika dan Probabilitas dengan Bahan Ajar E-Learning berbasis Ms. Excel +StatPlus. Penelitian ini dirancang sesuai dengan metode Research and Development. R&D memiliki beberapa tahapan yaitu: Analisis Kebutuhan, Perancangan Desain, Validitas Ahli, Revisi Media, Uji Kelayakan, Perbaikan, Menghasilkan Bahan ajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh Hasil validasi ahli materi 3,04 memenuhi kriteria valid dan ahli media 2,95 memenuhi kriteria valid. Hasil uji coba bahan ajar E-Learning adalah 675 dengan rata-rata 3 masuk kategori  valid. Hasil Angket kemandirian belajar mahasiswa skornya  adalah 1624,44 dengan rerata 81,22 masuk kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Bahan ajar ini dapat meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa.
ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGEBRA MOBILE PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI KELAS XI SMK Nurrahmat Wahid Jamaluddien; Sumargiyani Sumargiyani
JIPMat Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v7i2.12611

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan aplikasi geogebra versi mobile pada pembelajaran matematika khususnya pada materi transformasi geometri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survey. Responden penelitian ini adalah 14 siswa kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa saat pembelajaran matematika, 92,86% siswa membutuhkan media pembelajaran yang bisa diakses melalui smartphone masing-masing dikarenakan lebih praktis. Sebanyak 92,14% siswa tidak pernah menggunakan aplikasi geogebra mobile sedangkan 92,86% siswa setuju apabila dikembangkan sebuah media pembelajaran berbasis geogebra mobile, maka kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul perlu dikembangkan media pembelajaran berbasis geogebra mobile pada materi transformasi geometri.
PENINGKATAN LITERASI NUMERASI DAN KARAKTER BERPIKIR KRITIS SISWA SD BERBASIS ETNOMATEMATIKA Nabilla Calista Putri Susanto; Sulis Janu Hartati; Windi Setiawan
JIPMat Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v7i2.12534

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1. Mengetahui karakteristik video dari MK Modul Nusantara MBKM Universitas Dr Soetomo yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada siswa SD, 2. Mengetahui ada tidaknya peningkatan literasi numerasi siswa SD menggunakan pendekatan etnomatematika, 3. Mengetahui ada tidaknya peningkatan karakter berpikir kritis siswa SD menggunakan pendekatan etnomatematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain One Group Pretest Posttest. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Karakteristik video MK Modul Nusantara MBKM Universitas Dr Soetomo yang dapat digunakan sebagai pembelajaran adalah video yang memenuhi identifikasi etnomatematika yaitu: 1). Identifikasi nilai budaya, 2). Identifikasi hasil eksplorasi video pada materi bangun datar matematika kelas IV, 3). Identifikasi hasil eksplorasi video pada konten numerasi untuk implementasi dalam pembelajaran sehingga  ditemukan 2 buah film dan 4 buah video dari MK Modul Nusantara MK Universitas Dr Soetomo yang dapat digunakan untuk pembelajaran literasi numerasi dan karakter berpikir kritis berbasis etnomatematika, 2. Berdasarkan hasil output SPSS terdapat peningkatan nilai pada kedua sampel literasi numerasi secara signifikan dengan rata-rata sebesar 14,519 < 50,544, 3. Berdasarkan hasil output SPSS terdapat peningkatan nilai pada kedua sampel karakter berpikir kritis secara signifikan dengan rata-rata sebesar 7,156 < 42,444.Kata Kunci: Literasi Numerasi, Karakter Berpikir Kritis, Etnomatematika, Pembelajaran Matematika.
KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMK DALAM MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBASIS FILOSOFI PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA Sri lestari; Budi Waluya; Nuriana Rachmani Dewi
JIPMat Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v7i2.12057

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan penalaran matematis siswa dalam model pembelajaran treffinger berbasis filosofi pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD). Metode penelitian yang digunakan yaitu kajian pustaka dari berbagai sumber baik buku, jurnal, artikel yang berhubungan dengan topik tersebut. Model pembelajaran treffinger terdiri atas 3 komponen penting, yaitu Understanding Challenge, Generating Ideas, dan Preparing for Action akan membantu siswa mengembangkan kemampuan penalaran matematis. Salah satu indikator penalaran matematis yaitu generalisasi sejalan dengan sintaks dalam model pembelajaran treffinger. Kearifan budaya lokal  dan sistem among yang merupakan bagian  filosofi pemikiran Ki Hadjar Dewantara disisipkan dalam model pembelajaran treffinger akan mewujudkan merdeka belajar yang dapat mengembangkan cipta, rasa dan karsa dalam kemampuan penalaran matematis siswa.
ANALISIS PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 GONDOHARUM
JIPMat Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v7i2.12330

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bentuk perhatian orang tua dan faktor yang mempengaruhi perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa SDN 2 Gondoharum Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Jenis dan metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian naratif kualitatif dan metode penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah 3 siswa yang memiliki kriteria prestasi belajar matematika tinggi, sedang, dan rendah, guru, dan orang tua. 3 siswa tersebut diambil dari nilai mata pelajaran matematika penilaian akhir semester I yang meliputi siswa prestasi belajar matematika tinggi dengan nilai 83, siswa prestasi belajar matematika sedang dengan nilai 69, dan prestasi belajar matematika rendah dengan nilai 37. Analisi data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan atau verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perhatian orang tua dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang optimal berdampak pada siswa yang memiliki prestasi belajar matematika tinggi dan sedang. Tanpa adanya perhatian dari orang tua atau kelemahan yang terlihat dari perhatian orang tua yaitu masih rendahnya perhatian penuh dari kedua orang tua dan melakukan kekerasan fisik, hal tersebut terlihat pada siswa yang memiliki prestasi belajar matematika rendah yang sangat berpengaruh buruk pada prestasi belajar. Faktor-faktor yang berdampak pada prestasi belajar anak selain perhatian orang tua juga terdapat faktor lain seperti kecerdasan anak yang berbeda-beda, guru yang mengajar dan suasana belajar di kelas.
UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) Umy Maysyaroh; Yosep Dwi Kristanto; Partini Partini
JIPMat Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v7i2.13298

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa khususnya pada pembelajaran matematika pada siswa SMAN 1 Ngaglik tahun pelajaran 2022/2023 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Penelitian diaksanakan di kelas XI MIPA 1 dengan jumlah subjek yaitu 34 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dibagi menjadi empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Siklus pertama dan siklus kedua masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Lembar observasi kemandirian belajar siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan lembar angket kemandirian belajar siswa digunakan dalam penelitian ini. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif pada setiap akhir siklus untuk refleksi. Hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas khususnya pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Rata-rata skor kemandirian belajar siswa pada lembar observasi kemandirian belajar siswa meningkat dari 64,11% pada siklus I menjadi 78,8% pada siklus II. Nilai rata-rata siswa pada angket kemandirian belajar meningkat dari 70,06% pada siklus I menjadi 78,37% pada siklus II. 

Page 1 of 1 | Total Record : 10